5 Teknik Dasar Kriptografi - Didik Sazali


Kriptografi merupakan teknik yang digunakan dalam dunia keamanan untuk mengamankan pesan agar tidak dapat diketahui maknanya oleh pihak yang mencuri pesan tersebut dengan mengubah pesan asli (plain text) menjadi pesan yang disandikan (cipher text).

Proses mengubah pesan asli menjadi pesan acak atau yang disandikan disebut dengan enkripsi, sedangkan proses pengubah pesan yang disandikan menjadi pesan asli disebut dengan dekripsi.

Kriptografi sendiri sering dikatakan sebagai seni mengamankan pesan. Mengapa dikatakan seni? Karena algoritma maupun key yang digunakan untuk mengamankan pesan dibuat berdasarkan keinginan oleh pembuat kunci tersebut, semakin baik maka akan semakin aman pesan yang dikirimkan.

Adapun teknik dasar dalam kriptografi yaitu:

1. Substitusi
    Substitusi merupakan teknik mengubah pesan dengan menggantikan karakter pesan dengan karakter yang lain namun dengan posisi yang sama.

2. Blocking
    Blocking merupakan teknik mengubah pesan dengan membagi karakter pesan ke dalam blok baris dan kolom yang mana pesannya ditulis secara vertikal dan hasilnya berupa cipher text yang dibaca secara horizontal.

3. Permutasi
    Permutasi atau transposisi merupakan teknik mengubah pesan dengan mengubah posisi karakter pesan namun dengan karakter yang sama.

4. Ekspansi
    Ekspansi merupakan teknik yang menyandikan pesan menjadi teks yang lebih panjang.

5. Compaction
    Compaction atau pemampatan merupakan teknik menyandikan pesan menjadi teks yang lebih pendek.

Semoga pembahasan mengenai 5 teknik dasar kriptografi diatas dapat bermanfaat.
 

Post a Comment

Previous Post Next Post