MEPIS yang dibuat oleh Warren Woodford, pertama kali dirilis pada tanggal 10 Mei 2003. Warren membuat MEPIS karena dia ingin mencari alternatif lain dari SuSE, Red Hat Linux maupun Mandriva, yang menurut pendapatnya masih terasa sulit digunakan oleh user. Sejak itulah Warren mulai mendevelop sebuah distro baru yang dapat digunakan dengan mudah oleh user, yang akhirnya terciptalah MEPIS.

       Menurut Warren Woodford, nama MEPIS diucapkan seperti “Memphis”, dengan huruf tambahan yang dihapus. Awalnya, kata “MEPIS” tidak berarti apa-apa pada khususnya, melainkan terjadi karena kesalahan. Ketika Woodford disalahpahami teman melalui telepon, ia memutuskan untuk menggunakan nama itu karena itu adalah kata lima huruf sederhana dan tidak ada perusahaan lain atau produk dengan nama yang sama.

       Pada tahun 2006, MEPIS membuat transisi dari menggunakan paket Debian untuk menggunakan paket Ubuntu. SimplyMEPIS 6.0, dirilis pada bulan Juli 2006, adalah versi pertama dari MEPIS untuk menggabungkan paket Ubuntu dan repositori.

       SimplyMEPIS 7.0 menghentikan penggunaan paket binary Ubuntu mendukung kombinasi MEPIS dikemas binari berdasarkan Debian dan Ubuntu kode sumber, dikombinasikan dengan inti yang stabil Debian OS dan paket tambahan dari kolam paket Debian.

       Warren Woodford merilis kode sumber untuk Installer MEPIS dan Asisten Sistem MEPIS di bawah Lisensi Apache, pada musim semi tahun 2008. Rilis utama terjadi sekitar enam bulan sampai satu tahun terpisah, sebagian besar didasarkan pada ketersediaan Warren untuk menghasilkan versi berikutnya.

       MEPIS kini memiliki tim repo yang berusaha untuk menjaga paket up to date antara rilis, dengan mempertahankan ‘Repositori Community’ yang terpisah dari paket berbagai aplikasi, dan telah menjadi pemain utama dengan memproduksi karya seni dan dokumentasi untuk setiap rilis.

MEPIS Minimum Requirements
Ada 2 jenis versi mepis linux :
SimplyMEPIS : Merupakan edisi standar untuk komputer dengan spesifikasi terbaru
AntiX : Merupakan versi untuk komputer tua atau dengan spesifikasi rendah
Edisi keduanya sama menggunakan core Linux tapi desktop Antix tampilannya rendah dan aplikasi defaultnya sangat berbeda.

SimplyMEPIS minimum requirements are:
•Intel Pentium or equivalent including Xeon, AMD or AMD64 processor
•A bootable DVD drive
•4Gb available hard drive space
•512Mb RAM

AntiX minimum requirements are:
•Intel Pentium II 266MHz (or equivalent)
•A bootable DVD drive
•1.2Gb minimum available hard drive space or USB drive
•128Mb recommended

2 Comments

  1. linux yang satu ini sangat jarang diketahui oleh linuxer yang lain :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sebabnya saya coba jelaskan mengenai linux mepis

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post