5 Aktifitas Membangun Sebuah Software - Didik Sazali

Dalam mengembangkan sebuah software ada beberapa tahapan sebelum akhirnya kita dapat menggunakan aplikasi tersebut diantaranya seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Requirement Analysis
       Tahapan pertama yang mesti di lalui adalah analisa kebutuhan, pada tahap ini, seorang programmer terlebih dahulu mendefinisikan apa saja kebutuhan yang diperlukan dalam membangun sebuah aplikasi baik data dan informasi lainnya.

2. Software Design
       Pada tahapan ini, programmer merancang desain dari aplikasi yang akan dibuat, yaitu desain input, desain proses dan desain output.

3. Software Development
       Tahapan software development ini programmer mulai melakukan coding untuk membangun aplikasi tersebut.

4. Software Testing
       Setelah melakukan coding dan aplikasi sudah dibuat, kemudian programmer melakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut. Teknik pengujian aplikasi dapat menggunakan teknik black box dan white box.

5. Software Implementation
      Apabila telah lulus tahapan software testing dan aplikasi sudah tidak ada bugs lagi, si programmer sudah bisa menerapkan aplikasi untuk dapat digunakan oleh klien.

Selain 5 aktifitas diatas, ada satu aktifitas lagi yang merupakan kegiatan tambahan di dalam sebuah software development yaitu Operation and Maintenance.

Operation and Maintenance merupakan kegiatan dimana setelah programmer melakukan implementasi software, si programmer masih dapat melakukan perawatan dan perbaikan software di kemudian hari agar software dapat berjalan dalam waktu yang lama.

Post a Comment

Previous Post Next Post