3 Jenis Error Saat Coding - Didik Sazali

Programmer, Coder maupun Developer tentu pernah mengalami yang namanya error saat ngoding, baik coding Java, PHP, C dan bahasa pemrograman lainnya. Tahukah anda, bahwa error tersebut terbagi menjadi 3 jenis error, diantaranya:

1. Syntax Error
    Syntax Error atau kesalahan sintaks merupakan suatu error dimana kesalahan terdapat pada format penulisan program. Sebagai contoh kita ingin menampilkan pesan menggunakan bahasa pemrograman PHP, yaitu
 
<?php

    eccho "Hello World";

?>

    Syntax Error terjadi karena kita salah menuliskan format / code PHP untuk menampilkan pesan yakni eccho yang seharusnya adalah echo.

2. Logic Error
    Logic Error atau kesalahan logika merupakan suatu error dimana logika yang dihasilkan dari sebuah proses tidak sesuai dengan data yang seharusnya. Sebagai contoh,
 
<?php

$a = 5;

$b = 3;

if($a<=$b) {

  echo $a; echo " >= "; echo $b;

} else {

  echo $a; echo " <= "; echo $b;

}

?>

   Pada program diatas kita dapat lihat bahwa 5 <= 3 akan bernilai benar dengan hasil 5 >= 3, akan tetapi dengan logika diatas output yang dihasilkan adalah 5 <= 3.

3. Runtime Error
    Runtime Error atau kesalahan eksekusi merupakan kesalahan yang terjadi dikarenakan saat pengeksekusian program terdapat kesalahan baik berupa fungsi / method yang tidak ada atau class yang tidak ditemukan.

Post a Comment

Previous Post Next Post