Haloo semua!!!

Seperti yang dijanjikan sebelumnya, saya akan share sedikit pengalaman saya tergabung ke dalam program Google untuk mahasiswa yaitu Developer Student Clubs (DSC). Sebelum adanya program DSC, Google pernah memiliki program untuk mahasiswa yang bernama Google Student Ambassador (GSA) yang mana program ini berakhir pada tahun 2014.

DSC vs GSA

Jadi, apa beda Developer Student Clubs dengan Google Student Ambassador?

Google Student Ambassador merupakan program Google untuk mahasiswa agar mahasiswa tersebut dapat memperkenalkan produk (teknologi) Google kepada mahasiswa lainnya, sedangkan Developer Student Clubs merupakan program Google untuk seorang perwakilan mahasiwa di setiap kampus untuk mengasah kemampuan coding dan membagikannya kepada mahasiswa lain serta memberikan impact ke masyarakat, tentunya dengan teknologi Google.

Mendaftar Sebagai DSC Lead Indonesia

Awal mula mendengar informasi bahwa Google kembali membukan program untuk mahasiswa pada awal bulan Februari 2018. Saat itu saya sedang melanjutkan kuliah S1 di STMIK Amik Riau, Pekanbaru. Infonya saya dapatkan di FB.


Setelah dapat infonya, langsung deh saya buka link pendaftarannya dan di sana ada banyak sekali form yang harus diisi baik data diri, kegiatan komunitas yang kita ikuti, kemampuan coding dan lainnya lupa haha... 😂

Namun, ada satu persyaratan yang mengganjal saya untuk mendaftar DSC yaitu mahasiswa yang mendaftar maksimal sedang berada di tahun ke-3 perkuliahan, sementara saat itu saya berada di tahun terakhir dan sayapun batal mendaftar hm...😓

Setelah beberapa hari kemudian, saya mendapat informasi lagi, masih dari FB bahwa pendaftaran DSC diperpanjang hingga 11 Februari 2018 dan saya dapat infonya pada tanggal 8 Februari 2018 yaitu hari Kamis. Lanjut saya coba cari tau siapa yang sudah lulus di batch 1 DSC ini. Saya coba chat via FB dan katanya dicoba saja apply. 

Saya juga sempatkan untuk bertanya kepada Pak Aulia yang juga seorang Googler yang mengelola program DSC dan balasannya "program ini akan berjalan selama satu tahun, mungkin bisa dipertimbangkan waktu dan komitmennya". 

Mendengar kabar tersebut, saya langsung bersemangat untuk mendaftar. Untuk data diri sudah saya lengkapi namun untuk surat rekomendasi dari kampus dan dari organisasi masih belum. Besoknya tepat hari Jumat, saya langsung gas semua keperluan pendaftaran yang diperlukan untuk mendaftar DSC. Alhamdulillah berkas untuk pendaftaran dari kampus dan organisasi saya dapatkan pada hari tersebut juga. Terima kasih Pak Koko dan Pak Dahliyus 🙌

p.s : untuk organisasi yang saya ikuti waktu itu adalah Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia Riau

Setelah semua berkas lengkap, yesss. Ada 1 item lagi yang diperlukan untuk mendaftar yaitu video singkat perkenalan diri dan alasan ingin bergabung DSC berdurasi 1 menit. Untungnya, saya punya teman solid yang mau membantu saya merekam video singkat tersebut. Terima kasih Lutfi dan Alfat 😊

Mau liat videonya? Check this out 🙈


Dan setelah semuanya lengkap langsung deh saya apply tepat di hari Minggu, hari terakhir pendaftaran 😂

Untuk kelanjutan ceritanya please wait for the next post will you ✌😁




Post a Comment

Previous Post Next Post